Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
PERANGKAT LUNAK :
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
- Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
- Sistem operasi (operating system) misalnya Linux Ubuntu, Microsoft Windows, Free BSD, Unix, Mac OS
- Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
- Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.[4]
- Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
- Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
- Perangkat lunak gratis (freeware)
- Perangkat lunak uji coba (shareware / ‘trialware)
- Perangkat lunak perusak (malware)
- Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)
- Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web)
- Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data
- User / Pengguna
- Operator
- Junior Programmer (Pembuat Program Yunior)
- Senior Programmer (Pembuat Program Senior)
- Analist
Lapangan Pekerjaan :
- Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer
- Programmer Junior
- Operator dan Teknisi Komputer
- Bagian pengolahan data
- Normatif
- Adaftif
- Produktif
- Kompetensi Dasar
- Kompetensi Keahlian
- Tatap Muka (TM)
- Praktek Sekolah (PS)
- Praktek Lapangan (PL)
RPL(Rekayasa Perangkat
Lunak) bahasa inggris Software Engineering merupakan salah satu disiplin
ilmu/jurusan yang ada di SMK maupun salah satu materi yang ada di
Perguruan Tinggi. Secara garis besar RPL mempelajari seluk beluk
software. Berikut ini beberapa definisi tentang RPL :
· Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai
penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi
atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta
studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan
engineering atas perangkat lunak.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590
Prospek Kerja Rekayasa
Perangkat Lunak
Sebagai salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknologi
khusunya yang berhubungan dengan software, prospek kerja RPL cukup cerah
banyak sekali profesi yang berhubungan dengan RPL yakni :
· Game Developer - Dengan berbagai bekal ilmu yang diperolehnya termasuk
computer graphic, human computer interaction, dll, seorang yang
menggeluti RPL juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak
untuk multimedia game.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590
Apa itu RPL ???
RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) bahasa inggris Software Engineering
merupakan salah satu disiplin ilmu/jurusan yang ada di SMK maupun salah
satu materi yang ada di Perguruan Tinggi. Secara garis besar RPL
mempelajari seluk beluk software. Berikut ini beberapa definisi tentang
RPL :
· Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai
penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi
atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta
studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan
engineering atas perangkat lunak.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590
RPL(Rekayasa Perangkat
Lunak) bahasa inggris Software Engineering merupakan salah satu disiplin
ilmu/jurusan yang ada di SMK maupun salah satu materi yang ada di
Perguruan Tinggi. Secara garis besar RPL mempelajari seluk beluk
software. Berikut ini beberapa definisi tentang RPL :
· Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai
penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi
atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta
studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan
engineering atas perangkat lunak.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590
2. MULTIMEDIASelengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
DESIGN
Design Grafis
Penggunaan
komputer grafis saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam
proses produksi pencetakan media informasi. Dengan berbasiskan teknologi
digital yang menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan dan keleluasaan,
akan menghasilkan suatu gagasan visual yang lebih sempurna.
Design Multimedia
Teknologi
multimedia berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi pada
komputer PC dan saat ini multimedia merupakan teknologi yang paling
populer selain internet. Dengan kemampuan multimedia dalam menyampaikan
pesan dan informasi dengan menggabungkan unsur teks, gambar, suara dan
video, maka ribuan perusahaan di seluruh dunia telah berhasil
memanfaatkan untuk memasarkan produk mereka.
Digital Photography & Video Editing
Saat ini
dokumentasi dalam bentuk multimedia dengan digital camera dan handycam
telah banyak digunakan di berbagai instansi. Dokumentasi multimedia ini
memiliki kelebihan antara lain efisien dan dapat diolah lebih lanjut
untuk berbagai keperluan. Dalam pembuatan media komunikasi visual baik
dalam bentuk barang-barang hasil percetakan maupun multimedia
interaktif, memerlukan data pendukung berupa foto-foto dan video. Selain
itu foto-foto dan video juga dapat ditayangkan secara independen pada
event dan pameran.
3. AKUNTANSI
Akuntansi sebagai Sistem Informasi
Akuntansi sering disebut bahasa dunia usaha karena merupakan media komunikasi bagi pihak-pihak yang memerlukannya. Pihak-pihak yang memerlukan informasi terdiri dari:
• Pihak Intern
Pihak yang menyelenggarakan usaha atau yang disebut dengan manajeman perusahaan.
• Pihak Ekstern
Pihak-pihak yang berkepentingan dengan suatu usaha atau perusahaan.
Pengertian Akuntansi
Akuntansi adalah proses mengientifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan dilakukannya penilaian serta pengambilan keputusan secara jelas dan tegas bagi pihak-pihak yang menggunakan informasi tersebut.
4. ADMINISTRASI PERKANTORAN
- Pengertian Kantor
Perkantoran
kantor berasal dari kata bahasa Belanda “kantoor” dan sering
dipadankan dengan perkataan “Office” yang berasal dari bahasa
Inggris. Prajudi (1976:60) telah menjelaskan pengertian kantor yang
bisa berarti:
- Ruang atau kamar kerja, atau ruang tulis
- Markas, atau ruang (kompleks) di mana seorang pengusaha beserta stafnya menjalankan stafnya menjalankan aktivitas-aktivitas pokoknya.
- Biro atau tempat kedudukan pimpinan dari suatu administrasi.
- Instansi, badan, jawatan, perusahaan.
Sedang
perkataan bahasa Inggris “Office” dapat berarti:
- Kewajiban, tugas, fungsi (duty, task function).
- Jabatan (tenure of official position).
- Markas tau ruang di mana seorang pengusaha dan stafnya menjalankan aktivitas usaha pokoknya (quarters, or staff or collective authority of company, government department, etc.)
- Jasa pelayanan (service, kind help)
- Tugas pekerjaan, komposisi dari urusan-urusan tertentu (the work which it is some body’s duty to do, work, and duties)
- Tempat, gedung, yang dipakai sebagai pusat kerja tata usaha (place building, rooms, of bussiness and clerical works).
5. TATA NIAGA
Istilah tata niaga sering juga disebut pemasaran yang bersumber dari kata
marketing. Kegiatan tata niaga adalah sebagian dari kegiatan distribusi. Distribusi menimbulkan suatu kesanseolah-olah orang-orang yang bergerak didalam bagian ini bersifat statis, menunggu saja apayang akan mereka peroleh dari produsen untuk dibagi-bagikan lagi kepada konsumen.Sedangkan marketing (tata niaga) sebaliknya bersifat dinamis karena tata niaga mencakup semua persiapan, perencanaan dan penelitian dari segala sesuatu yang bersangkutpaut dengan perpindahan, peralihan milik atas sesuatu barang atau jasa serta pelaksanaan perpindahan dan peralihan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar