JURUSAN

1. REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL).

Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.



Hasil gambar untuk TENTANG REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANGKAT LUNAK :
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
Garis Besar Kerangka Kurikulum REKAYASA PERANGKAT LUNAK:
  • Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)
  • Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web)
  • Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data
Tingkatan Sumber Daya Manusia dalam Bidang RPL :
  • User / Pengguna
  • Operator
  • Junior Programmer (Pembuat Program Yunior)
  • Senior Programmer (Pembuat Program Senior)
  • Analist
Target Pendidikan Jurusan RPL SMK → Operator Menuju Junior Programmer
Lapangan Pekerjaan :
  • Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer
  • Programmer Junior
  • Operator dan Teknisi Komputer
  • Bagian pengolahan data
Proses belajar mengajar di RPL SMKN 2 :
  • Normatif
  • Adaftif
  • Produktif
Produktif :
  • Kompetensi Dasar
  • Kompetensi Keahlian
Produktif → berisi materi2 utama khas RPLyang akan dibagi menjadi jam kegiatan berikut:
  • Tatap Muka (TM)
  • Praktek Sekolah (PS)
  • Praktek Lapangan (PL)
Magang adalah kegiatan belajar siswa di lapangan untuk melihat, mencoba, mempraktekkan pelajaran di sekolah secara real dilapangan / dunia industri
RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) bahasa inggris Software Engineering merupakan salah satu disiplin ilmu/jurusan yang ada di SMK maupun salah satu materi yang ada di Perguruan Tinggi. Secara garis besar RPL mempelajari seluk beluk software. Berikut ini beberapa definisi tentang RPL : · Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590

Prospek Kerja Rekayasa Perangkat Lunak Sebagai salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknologi khusunya yang berhubungan dengan software, prospek kerja RPL cukup cerah banyak sekali profesi yang berhubungan dengan RPL yakni : · Game Developer - Dengan berbagai bekal ilmu yang diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll, seorang yang menggeluti RPL juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590
Apa itu RPL ??? RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) bahasa inggris Software Engineering merupakan salah satu disiplin ilmu/jurusan yang ada di SMK maupun salah satu materi yang ada di Perguruan Tinggi. Secara garis besar RPL mempelajari seluk beluk software. Berikut ini beberapa definisi tentang RPL : · Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590
RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) bahasa inggris Software Engineering merupakan salah satu disiplin ilmu/jurusan yang ada di SMK maupun salah satu materi yang ada di Perguruan Tinggi. Secara garis besar RPL mempelajari seluk beluk software. Berikut ini beberapa definisi tentang RPL : · Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/kangwakwaw24.blogspot.com/mengenal-rekayasa-perangkat-lunak_552e11796ea834e2308b4590
2. MULTIMEDIA
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
 DESIGN

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur.
Design Grafis

Penggunaan komputer grafis saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam proses produksi pencetakan media informasi. Dengan berbasiskan teknologi digital yang menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan dan keleluasaan, akan menghasilkan suatu gagasan visual yang lebih sempurna.
Design Multimedia

Teknologi multimedia berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi pada komputer PC dan saat ini multimedia merupakan teknologi yang paling populer selain internet. Dengan kemampuan multimedia dalam menyampaikan pesan dan informasi dengan menggabungkan unsur teks, gambar, suara dan video, maka ribuan perusahaan di seluruh dunia telah berhasil memanfaatkan untuk memasarkan produk mereka.

Digital Photography & Video Editing

Saat ini dokumentasi dalam bentuk multimedia dengan digital camera dan handycam telah banyak digunakan di berbagai instansi. Dokumentasi multimedia ini memiliki kelebihan antara lain efisien dan dapat diolah lebih lanjut untuk berbagai keperluan. Dalam pembuatan media komunikasi visual baik dalam bentuk barang-barang hasil percetakan maupun multimedia interaktif, memerlukan data pendukung berupa foto-foto dan video. Selain itu foto-foto dan video juga dapat ditayangkan secara independen pada event dan pameran.
 Hasil gambar untuk mengenal multimedia

 3. AKUNTANSI
Akuntansi sebagai Sistem Informasi

Akuntansi sering disebut bahasa dunia usaha karena merupakan media komunikasi bagi pihak-pihak yang memerlukannya. Pihak-pihak yang memerlukan informasi terdiri dari:
• Pihak Intern
Pihak yang menyelenggarakan usaha atau yang disebut dengan manajeman perusahaan.
• Pihak Ekstern
Pihak-pihak yang berkepentingan dengan suatu usaha atau perusahaan.
Hasil gambar untuk mengenal akuntansi


Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah proses mengientifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan dilakukannya penilaian serta pengambilan keputusan secara jelas dan tegas bagi pihak-pihak yang menggunakan informasi tersebut.
4. ADMINISTRASI PERKANTORAN
  1. Pengertian Kantor

Perkantoran kantor berasal dari kata bahasa Belanda “kantoor” dan sering dipadankan dengan perkataan “Office” yang berasal dari bahasa Inggris. Prajudi (1976:60) telah menjelaskan pengertian kantor yang bisa berarti:

  1. Ruang atau kamar kerja, atau ruang tulis
  2. Markas, atau ruang (kompleks) di mana seorang pengusaha beserta stafnya menjalankan stafnya menjalankan aktivitas-aktivitas pokoknya.
  3. Biro atau tempat kedudukan pimpinan dari suatu administrasi.
  4. Instansi, badan, jawatan, perusahaan.

Sedang perkataan bahasa Inggris “Office” dapat berarti:

  1. Kewajiban, tugas, fungsi (duty, task function).
  2. Jabatan (tenure of official position).
  3. Markas tau ruang di mana seorang pengusaha dan stafnya menjalankan aktivitas usaha pokoknya (quarters, or staff or collective authority of company, government department, etc.)
  4. Jasa pelayanan (service, kind help)
  5. Tugas pekerjaan, komposisi dari urusan-urusan tertentu (the work which it is some body’s duty to do, work, and duties)
  6. Tempat, gedung, yang dipakai sebagai pusat kerja tata usaha (place building, rooms, of bussiness and clerical works).
 Hasil gambar untuk mengenal administrasi perkantoran

5. TATA NIAGA
 Istilah tata niaga sering juga disebut pemasaran yang bersumber dari kata
marketing. Kegiatan tata niaga adalah sebagian dari kegiatan distribusi. Distribusi menimbulkan suatu kesanseolah-olah orang-orang yang bergerak didalam bagian ini bersifat statis, menunggu saja apayang akan mereka peroleh dari produsen untuk dibagi-bagikan lagi kepada konsumen.Sedangkan marketing (tata niaga) sebaliknya bersifat dinamis karena tata niaga mencakup semua persiapan, perencanaan dan penelitian dari segala sesuatu yang bersangkutpaut dengan perpindahan, peralihan milik atas sesuatu barang atau jasa serta pelaksanaan perpindahan dan peralihan tersebut. 
Hasil gambar untuk mengenal TATA NIAGA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar